Tren Kekinian Olahraga di Rumah untuk Menunjang Kesehatan

0 431

Tren olahraga di rumah kini mulai merebak dimana-mana. Mungkin kamu sering merasa malas berolahraga karena menyita banyak waktu. Tapi sekarang kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan aktivitas fisik di rumah. Selain hemat waktu, tentu kamu juga akan lebih hemat biaya. Karena tak perlu membayar lebih untuk olahraga di pusat kebugaran.

Manfaat olahraga sangat baik untuk kesehatan. Selain menjaga tubuh tetap sehat, kegiatan ini juga bisa membantumu mendapatkan berat badan ideal. Baik pria maupun wanita pastinya menginginkan bentuk tubuh yang proporsional. Bahkan ada juga yang memilih jalan instan. Padahal cara instan seperti operasi sedot lemak sangat berbahaya dan bisa menimbulkan efek samping.

Alternatif yang aman tentunya dengan menjalankan olahraga secara teratur. Selain itu, pola makan juga harus selalu dijaga. Nah, berikut ini tips untuk kamu yang aktivitasnya sangat padat dan tidak punya waktu untuk olahraga. Kamu bisa mempraktekkan olahraga di rumah di bawah ini.

Latihan Pernapasan dengan Meditasi

Sekarang ini meditasi semakin diminati oleh masyarakat. Selain gerakannya yang mudah, meditasi juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Kalau dilihat dari luar, mungkin kamu akan mengira bahwa meditasi sangat gampang. Tetapi kenyataannya meditasi juga perlu latihan rutin hingga menguasainya.

Inti dari meditasi yaitu latihan pernapasan, menjaga fokus, dan konsentrasi. Latihan ini sangat dianjurkan untuk mereka yang sedang mengalami stress atau tekanan. Meditasi juga sangat cocok buat kamu yang punya permasalahan tidur seperti insomnia. Kualitas tidur yang rendah bisa diatasi dengan melakukan meditasi secara rutin.

Kamu yang ingin melakukan olahraga di rumah patut mencoba aktivitas yang satu ini. Rutin melakukan latihan pernapasan bisa meningkatkan fokus. Sehingga kamu akan lebih mudah konsentrasi. Selain itu meditasi juga bisa membuat tubuh semakin rileks. Kamu akan terhindar dari depresi, emosi yang meledak-ledak, hingga rasa gelisah.

Pengaruh positif pada psikis juga akan memberikan dampak pada fisik. Di antaranya sistem imunitas tubuh akan meningkat, metabolisme lebih baik, tekanan darah lebih terkontrol, dan memperbaiki kinerja jantung. Memiliki fisik dan psikis yang sehat tentunya akan membuatmu lebih bahagia dan lebih tenang dalam menghadapi masalah dengan bantuan olahraga di rumah.

Melakukan HILIT Tanpa Keluar Rumah

Mungkin HILIT masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tetapi ada juga yang sudah familiar dengan olahraga ini. Jika pada tahun lalu tren yang populer di masyarakat adalah HIIT, makan tahun ini popularitasnya disaingi oleh HILIT. Keduanya memiliki kesamaan yaitu memiliki gerakan dengan intensitas tinggi. Tetapi pada HILIT impact yang dihasilkan cenderung rendah.

HILIT (High Intensity Low Impact Training) adalah latihan fisik dengan gerakan intens namun rendah tekanan. Latihan ini bisa menjadi alternatif olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan dengan rutin. HILIT sangat cocok buat pemula atau orang yang baru pulih dari cedera. Karena gerakan-gerakannya lebih aman untuk persendian.

Gerakan pada HILIT tidak bersifat eksplosif seperti melompat dan berlari. Jadi kamu tidak akan menjumpai gerakan yang sulit dilakukan pemula atau orang yang obesitas. Bentuk gerakan HILIT bisa macam-macam. Misalnya dengan menggunakan tambahan beban berupa dumbbell atau memanfaatkan berat tubuh sendiri.

Durasi pada setiap gerakan dalam HILIT yaitu 30 detik dengan waktu istirahat 10 detik. Sedangkan waktu yang baik untuk olahraga ini sangat fleksibel. Kamu bisa melakukannya pada pagi hari, siang, sore, maupun malam. Nah, jadi kamu bisa menyesuaikan dengan waktu senggangmu. Olahraga  rumahan pun makin menyenangkan.

Latihan dengan Gerakan Sederhana Olahraga di Rumah

Ada berbagai macam gerakan sederhana yang bisa kamu praktekkan. Tak perlu gerakan yang rumit. Banyak pilihan gerakan mudah untuk meningkatkan kebugaran badan. Misalnya dengan melatih kekuatan otot perut, lengan, hingga otot kaki dan dada. Semuanya bisa kamu pelajari dengan mudah dan dilakukan di rumah.

Olahraga bisa dengan plank. Caranya yaitu dengan memosisikan tubuh seperti posisi push up. Kemudian tekuk bagian siku sehingga yang menahan berat tubuh terpusat pada siku dan kaki. Lalu tahan selama beberapa detik. Untuk pemula, 15-20 detik sudah cukup. Kalau sudah terbiasa kamu bisa melakukan plank hingga 1 menit bahkan lebih.

Selain plank ada olahraga di rumah dengan gerakan squat. Caranya cukup berdiri di atas kedua telapak kaki. Lalu tekuk bagian lutut hingga membentuk sudut siku-siku. Sehingga posisimu akan seperti orang duduk. Squat sangat baik untuk melatih otot-otot kaki dan bokong. Melakukannya secara rutin akan membuat tubuh bagian bawah semakin kencang.

Kamu tidak harus meluangkan banyak waktu untuk berolahraga di luar rumah. Ada banyak jenis latihan fisik yang bisa kamu praktekkan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Tetapi perlu diingat bahwa latihan fisik ini sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga badan akan tetap sehat dan ideal dengan olahraga di rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.