Tips Menyimpan Makanan Agar Awet Tepat Untuk Masa Karantina

0 389

Menyimpan makanan agar awet penting untuk diketahui agar kamu dapat mengawetkan bahan-bahan yang kamu miliki di rumah. Bahan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, tanpa makanan maka kita tidak akan dapat bertahan hidup. Makanan memiliki peranan penting untuk tubuh yaitu sebagai sumber energi dan sumber vitamin yang dibutuhkan.

Pada masa karantina akibat virus corona seperti saat ini, kamu dituntut untuk menjaga diri dengan melakukan segala kegiatan di rumah aja. Selain itu kamu juga disarankan untuk menjaga jarak dari orang lain. Hal tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 akan tidak semakin merajalela.

Dengan adanya karantina tersebut maka pergerakan kamu semakin dibatasi. Kamu akan semakin kesulitan untuk pergi ke suatu tempat ataupun hanya sekedar membeli bahan makanan. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan ialah dengan berbelanja kebutuhan untuk beberapa hari sekaligus dan menyimpan makanan agar awet.

Dengan begitu kamu tidak perlu berkali-kali keluar rumah untuk membeli bahan makanan. Hal ini juga termasuk upaya pencegahan agar kamu bisa terhindar dari penularan virus covid-19. Mengingat jumlah kasus covid-19 kini semakin meningkat dan telah merata hingga ke 28 provinsi. Untuk itu hendaknya kita selalu menjaga anjuran pemerintah.

Cara Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama

Adanya pembatasan oleh pemerintah untuk keluar rumah menuntut kamu untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak. Sebagai stok selama beberapa hari, agar makanan tersebut awet maka kamu bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Bekukan makanan

Cara paling efektif untuk menyimpan makanan agar awet ialah dengan membekukannya. Dengan begitu pertumbuhan bakteri bisa dihambat sehingga makanan tidak akan mudah basi. Kamu bisa membeli bahan makanan yang bisa dibekukan seperti daging, ayam, ikan, bahkan sayuran seperti kacang polong serta sayuran lainnya.

  • Menyimpan pada stoples kedap udara

Kamu bisa menyimpan bahan makanan pada stoples kedap udara. Jenis makanan paling tepat untuk disimpan dengan cara ini seperti cabai, sayuran berupa terong, buncis, kacang panjang, tomat, wortel dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa menyimpan kerupuk atau camilan lainnya sehingga tidak akan lembek dan tetap renyah.

  • Menghangatkan makanan sebelum disimpan

Jika kamu membeli makanan yang sudah matang maka kamu harus menghangatkannya terlebih dahulu. Sehingga bisa tahan lama dan tidak akan basi. Contoh makanan ini seperti sop ayam yang mampu bertahan hingga dua hari. Dengan penyimpanan berada di lemari pendingin. Panaskan terlebih dahulu sop tersebut kemudian biarkan dingin. Setelah dingin baru simpan pada lemari pendingin.

  • Hindari menutup makanan panas

Apabila kamu memasak makanan dan ingin mengawetkannya untuk beberapa hari kedepan. Maka kamu perlu menghindari untuk menutup makanan tersebut jika masih panas. Karena uap yang tertahan justru akan membuat makanan tersebut menjadi cepat basi. Oleh sebab itu, kamu perlu menunggunya dingin terlebih dahulu sebelum menutupnya untuk menyimpan makanan agar awet.

Mengategorikan Jenis Makanan Untuk Disimpan di Kulkas

Salah satu cara paling efektif untuk menyimpan bahan makanan ialah dengan memasukannya kedalam kulkas. Banyak sekali jenis makanan yang bisa disimpan di lemari pendingin tersebut mulai dari sayuran, ayam, daging, es krim bahkan kue. Makanan yang disimpan pada lemari pendingin akan memiliki daya tahan lebih lama sehingga tidak cepat membusuk.

Pada masa karantina seperti saat ini, kamu dapat berbelanja bahan makanan untuk beberapa hari sekaligus dan menyimpannya dengan baik. Untuk menyimpan makanan tersebut kamu dapat mengategorikan berdasarkan jenisnya. Misalnya kamu mengategorikan jenis makanan yang bisa dibekukan seperti daging dan ikan.

Kedua jenis bahan tersebut hendaknya ditempatkan pada freezer untuk menyimpan makanan agar awet. Sedangkan untuk jenis sayuran, kamu bisa menyimpannya pada keranjang kulkas. Sedangkan untuk jenis kue ataupun camilan lainnya bisa ditempatkan pada bagian tengah kulkas. Sedangkan untuk berbagai minuman dan juga telur bisa ditempatkan pada pintu kulkas.

Mengategorikan makanan untuk disimpan memang sangat penting. Hal ini bertujuan agar kamu bisa meletakkan makanan tersebut pada tempat yang tepat. Sehingga mempunyai masa bertahan lebih lama dan tidak cepat membusuk.

Jangan Menyimpan Bawang di Kulkas

Bawang merah dan bawang putih merupakan bahan utama yang digunakan sebagai bumbu makanan agar terasa lezat. Jika kamu kini sudah membeli bawang dalam jumlah banyak, kamu bisa menyimpan makanan agar awet. Agar tetap awet dan tahan lama, penyimpanan bawang sebaiknya tidak dimasukan ke dalam kulkas.

Karena bawang akan lebih baik jika dibiarkan pada suhu ruang. Jika kamu menyimpannya dikulkas maka justru akan membuatnya membusuk ataupun tumbuh daun. Oleh sebab itu letakan saja diluar dengan menggunakan wadah yang sudah dilengkapi dengan kertas koran agar bisa menyerap air dan membuatnya tidak lembab.

Pada masa seperti saat ini, kamu harus pintar-pintar untuk dapat menyimpan makanan. Sehingga kamu tidak perlu berkali-kali keluar rumah. Pada masa waspada covid-19 ini, hendaknya kamu berdiam diri dirumah saja dan kurangi aktivitas diluar rumah. Siapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan dirumah dan ketahui cara menyimpan makanan agar awet.

Leave A Reply

Your email address will not be published.