Menghadapi Pasangan yang Posesif Dengan Cara yang Tepat

0 130

Kamu mungkin pernah atau bahkan sedang menjalani hubungan dengan pasangan yang posesif. Mungkin dalam beberapa hal kebiasaan ini akan memberikan suasana yang tidak nyaman untuk kamu dan pasangan. Namun, kamu harus mengetahui alasannya terlebih dahulu untuk kemudian melakukan tindakan yang tepat jangan menanggapinya dengan emosi juga.

Tentunya ada cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau menghadapi pasangan seperti ini. Sehingga dengan cara yang tepat maka kamu bisa lebih nyaman dalam menjalani hubungan tanpa ada rasa terkekang dengan pasangan. Hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan karena nantinya akan menimbulkan masalah jika tidak segera diatasi.

Terkadang masalah yang memicu sikap posesif ini bukan hanya pada pasangan yang posesif, tetapi juga pada kamu yang memancing hal itu terjadi. Maka menelaah kondisi terlebih dahulu adalah hal yang penting untuk dilakukan. Sehingga nantinya kamu akan mengerti bagaimana harus bersikap dalam hal ini dengan benar agar tidak saling menyakiti tentunya.

Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan karena ini bisa jadi salah satu hambatan dalam hubunganmu. Maka jika ingin hubungan berhasil kamu harus mengambil langkah yang tepat untuk pasangan seperti ini. Dengan begitu hubunganmu akan berjalan lebih lama dan lebih nyaman tanpa adanya masalah besar yang mengancam hubungan kamu dengan pasangan.

Alasan Di Balik Pasangan yang Posesif

Terkadang perasaan terlalu sayang menjadi alasan untuk menginginkan pasangan terus bersama dan tidak melakukan aktivitas dengan orang lain. Meskipun tentu saja ini adalah pemikiran yang salah karena seharusnya rasa saling percaya jadi kunci hubungan yang baik. Namun mungkin memang ada kekhawatiran tersendiri yang muncul dalam pikiran pasangan kamu.

Selain itu, pasangan yang terlalu merasa khawatir atau cemburu dengan teman kamu juga bisa dijadikan alasan untuk menjadi pasangan yang posesif. Kontrol perasaan yang kurang dari pasangan kamu adalah pemicu hal ini bisa terjadi. Maka kamu harus bisa mengatasinya dengan cara yang tepat agar nantinya kebiasaan ini nantinya bisa hilang.

Pada intinya karena perasaan sayang dan khawatir yang berlebih maka pasangan bisa bersikap sangat posesif pada kamu. Sebenarnya hal ini positif, tetapi jika dilakukan secara berlebihan tentu akhirnya juga akan membuat kamu tidak nyaman. Sehingga kamu bisa memberikan pengertian secara perlahan untuk pasangan agar tidak perlu terlalu merasa khawatir.

Ciri Pasangan yang Posesif

Biasanya pasangan yang bersikap posesif akan cemburu berlebihan pada kamu bahkan ketika sedang melakukan aktivitas bersama sahabat-sahabatmu. Selain itu, dia juga akan selalu mengontrol apa pun yang kamu lakukan. Tentunya hal berlebihan seperti ini akan membuat kamu merasa kurang nyaman jika terus-menerus dilakukan bahkan akhirnya sampai merasa bosan.

Selain itu, biasanya dalam kondisi yang cemburu atau khawatir maka pasangan akan memiliki emosi yang tidak terkontrol. Sehingga pertengkaran juga bisa berawal dari kondisi ini. Kamu harus berhati-hati dalam mengambil sikap karena nantinya jika sampai salah maka hubunganmu yang akan menjadi korban dan tidak bisa berhasil, tentu akan sangat disayangkan.

Bahkan dalam tahap sikap posesif yang sudah semakin berlebihan, pasangan bisa mengancam jika kamu tidak menurutinya atau bahkan tidak memberikan kabar. Hal ini adalah tingkat posesif yang sudah sangat berlebihan tentunya. Bahkan bisa sampai tidak menghargai kamu termasuk privasi dan kebutuhan untuk memiliki me time untuk menenangkan diri sendiri.

Cara Tepat Mengatasi Pasangan yang Posesif

Untuk bisa mengatasinya dengan baik kamu harus membangun rasa percaya pasangan, memberikan penjelasan secara tepat sehingga pasangan mengerti apa yang ada dalam pikiranmu. Tentunya rasa percaya yang tumbuh semakin kuat juga akan mengurangi rasa khawatir dan cemburu berlebihan dari pasangan kamu dan mengurangi sikap posesifnya.

Kamu juga bisa mengenalkan pasangan yang posesif ke dalam lingkunganmu, ketika dia lebih mengenal lingkunganmu maka akan ada rasa aman yang meningkat dan dia tidak akan terlalu merasa khawatir lagi. Namun kamu juga harus berusaha untuk menghubunginya saat kalian tidak sedang bersama, sehingga dia juga merasa tenang ketika kamu bersama lingkungan tersebut.

Selain itu, kepercayaan juga perlu dipupuk dengan sikap yang jujur dan terbuka untuk berbagai hal yang kamu alami atau rasakan. Dengan begitu, pasangan akan berusaha untuk memahami kamu dan percaya bahwa kamu akan menyampaikan apa pun yang terjadi secara terbuka pada pasanganmu, keterbukaan ini sangat penting untuk dilakukan.

Sikap saling menghargai dan mengontrol emosi sebaik mungkin akan membantu kamu untuk bisa tetap menjalani hubungan dengan baik. Jalin komunikasi dua arah yang baik agar tidak ada kesalahpahaman yang memicu pertengkaran. Dengan begitu, baik kamu dan pasangan tidak akan saling mengekang lagi.

Memiliki pasangan yang posesif memang akan berbahaya bagi kamu dan hubunganmu. Dengan mencegah hal kecil sebelum jadi pertengkaran besar, kamu bisa mengurangi risiko ini. Untuk menghadapi pasangan yang posesif kamu harus melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.