Cara Menjalani Hubungan LDR Agar Langgeng dan Menyenangkan

0 188

Banyak pasangan kekasih yang menjalani hubungan LDR karena harus mengemban tugas kuliah maupun pekerjaannya yang berbeda daerah. LDR atau long distance relationship merupakan sebuah hubungan yang dijalani secara jarak jauh, sehingga komunikasi antar pasangan hanya berlangsung lewat handphone. Jenis hubungan seperti ini sering kali lebih susah dijalankan dibanding hubungan langsung.

Jika kamu menjalani LDR, yang dominan kamu rasakan adalah rindu pada kekasih atau pasangannya. Sebab kamu akan berpisah dalam kurun waktu lama dan tidak bisa bertemu sesukanya karena ada jarak jauh yang harus ditempuh. Selain rindu, pasangan LDR biasanya lebih rentan akan bosan, perkelahian dan putus.

Hal ini dikarenakan tidak bertemu langsung sering membuat pasangan protektif, mudah curiga, bahkan tidak setia. Secara statistik pasangan yang gagal dalam LDR adalah 40%. Tidak heran salah satu mitos terkenal LDR adalah ‘tidak tahan lama’. Lalu, bagaimana cara agar kamu dan pasangan bisa menjalani hubungan LDR dengan menyenangkan juga langgeng?

Menjaga Komunikasi

Mempertahankan komunikasi yang baik merupakan hal tersimpel sekaligus tersusah yang harus dilakukan agar LDR kamu berlangsung lama. Membangun komunikasi dapat dilakukan secara cukup dan konstan juga berkualitas namun tidak berlebihan. Oleh karena itu momen bersama baik lewat telepone, video call, atau sekadar cek perlu dipilih.

Hal ini karena pasangan kamu akan memiliki banyak aktivitas di tempat rantaunya sehingga tidak bisa setiap waktu melakukan komunikasi. Cukup pastikan jadwal telponan tiap minggu atau per 3 hari, selalu menyapa ketika pagi hari, dan menanyakan terkait kegiatan apa saja yang dilakukan saat malam menjelang tidur.

Membuat Peraturan Di Awal LDR

Kamu perlu menetapkan beberapa peraturan di awal menjalani hubungan LDR dengan pasangan. Memang tidak semua pasangan melakukan ini namun, hal ini bisa membuat ritme hubungan kamu terjaga. Peraturan atau janji bisa berupa komitmen apa saja yang harus dipegang, kapan waktu bertemu, harus saling percaya, tidak over cemburu dan lainnya.

List peraturan sederhana bisa kamu desain dengan menarik menjadi gambar dan kirimkan ke handphone pasangan agar terlihat lucu dan santai namun selalu diingat. Setelah membuat peraturan tentu jangan lupa untuk ditaati secara bersama dan mengevaluasinya ketika bertemu lagi. Ini adalah contoh keterbukaan sederhana yang akan membuat kamu langgeng.

Mengunjungi Pasangan

Selalu sempatkan sesekali untuk mengunjungi atau main ke tempat pasangan berada saat menjalani hubungan LDR. Jangan lupa sesuaikan dengan keadaan pasangan mu. Misalnya kamu harus memastikan jadwal kesibukan dengan hari dimana akan mengunjunginya. Namun eksekusinya kamu bisa memilih untuk memberitahunya terlebih dahulu atau berbentuk surprise.

Hal sederhana ini bisa dilihat sebagai tanda kamu atau pasangan benar-benar serius menjalani hubungan juga perhatian. Jangan lupa dan jangan canggung untuk bertemu dengan teman-teman pasangan kamu juga. Selain menambah relasi munculnya kamu sesekali akan menjauhkan pasangan dari orang yang ingin mendaki pasangan kamu di lingkungan pertemanannya.

Dekati Teman Pasangan Kamu

Melanjutkan dari hal yang tadi, dekati teman pasangan mu untuk sekadar mengawasi atau memerhatikan jika terjadi sesuatu padanya. Memiliki kontak teman atau sahabat pasangan juga akan membantu kamu menyiapkan surprise dan hadiah ulang tahun saat tidak bisa bertemu secara langsung. Melakukan hal ini akan membuat kamu menjalani hubungan LDR dengan lebih baik.

Selain itu memiliki kontak salah satu temannya atau bila memungkinkan orang itu adalah teman kamu juga sesekali bisa digunakan guna memantau pasangan. Tapi ingat, gunakan ini hanya jika terjadi sesuatu dengan pasangan yang membuatnya bertingkah aneh belakangan ini. Jangan terlalu sering juga karena akan membuat pasangan tidak nyaman.

Selalu Terbuka

Hal yang ini adalah kunci utama dalam menjalani hubungan LDR. Kegagalan dalam LDR sering dipicu oleh tidak saling terbuka akan masalah meski intensitas hubungan kamu baik-baik saja. Kadang pasangan terlalu sibuk, tidak enak untuk menceritakan, atau bisa saj karena kamu tidak memunculkan atmosfer komunikasi yang baik.

Sisi positif dari LDR juga adalah untuk melatih keterbukaan antar pasangan. Jadi sudah pasti kamu harus melatih hal ini. karena keterbukaan antar pasangan merupakan hal yang akan selalu dibutuhkan oleh setiap pasangan. Apalagi jika salah satu plan kamu dan pasangan adalah melangkah ke hubungan yang lebih serius setelah LDR berakhir

Berikan Kejutan

Meski tidak sering, pastikan selama menjalani hubungan LDR, ada kejutan atau besar yang kamu atau pasangan lakukan. Ini bisa jadi indikator keseriusan pasangan loh. Karena hanya pasangan serius yang akan mengorbankan waktunya untuk sekadar mempersiapkan kejutan ulang tahun langsung atau dengan bantuan teman-teman mu.

Main Game Bersama

Hal sederhana terakhir yang bisa kamu lakukan adalah bermain game online berasama-sama. Apalagi kini banyak aplikasi permainan atau game yang menawarkan fitur voice agar kamu bisa bermain game sambil ngobrol-ngobrol ringan di waktu senggang. Main game bersama juga cenderung lebih bisa mencarikan suasana santai.

Beberapa cara di atas harus kamu coba agar hubungan jarak jauh dengan pasangan tetap menyenangkan. Selain itu, rasa saling mempercayai sangat penting dalam hubungan jarak jauh. Jadi, jangan terlalu sering berburuk sangka dan perbanyak melakukan hal positif dengan pasangan ketika menjalani hubungan LDR.

Leave A Reply

Your email address will not be published.