Tips Begadang Aman Buat yang Terbiasa Melek Tengah Malam

0 185

Terbiasa tidur dini hari, pastikan kamu punya tips begadang yang aman buat kesehatan. Begadang adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Bekerja larut malam sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat di perkotaan. Akan tetapi, kebiasaan begadang yang sering dan lama bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Tuntutan pekerjaan dan beban tugas yang menumpuk jadi alasan kita begadang. Tak ingin menumpuk pekerjaan di pagi hari, maka waktu untuk menyelesaikannya ya di malam hari. Tidak semua orang melakukan hal yang sama. Tetapi tidak sedikit orang bisa menghindari pekerjaan yang dilakukan pada malam hari. Akhirnya, jam istirahat jadi berkurang.

Kamu seharusnya tahu bahwa tubuh kita tidak didesain untuk melakukan aktivitas berat sepanjang hari tanpa istirahat. Jadi mengambil hak tidur malam hari untuk kamu jadikan waktu begadang tentu berdampak buruk bagi tubuh. Terlebih jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Berikut tips begadang yang aman untuk kamu yang suka melek tengah malam.

Tidur Siang 15 Menit

Tidur siang baik buat kamu yang hobi begadang. Ada banyak manfaat tidur siang bagi tubuh. Tidur siang yang tepat adalah cukup dilakukan 15-20 menit. Cara ini dapat membantu menyegarkan tubuh dari aktivitas pagi hari yang padat. Selain itu, tidur singkat di siang hari dapat menambah cadangan energi untuk malam harinya.

Tidur siang yang baik dapat dilakukan antara jam 13-15 saja. Kebiasaan ini bagi yang doyan begadang dapat menjadi tabungan tidur. Pada kondisi tidur 15 sampai 20 menit, siklus tidur kita masih dalam tahap awal bukan siklus tidur nyenyak. Akibatnya, saat terbangun tubuh kita kembali segar dan fokus bekerja jadi meningkat.

Atur Pencahayaan Lampu

Tips begadang yang aman adalah nyalakan lampu saat bekerja di malam hari. Jika kita menyalakan lampu redup, kondisi tubuh akan merubah hormon melatonin sehingga kamu akan mudah ngantuk. Cahaya redup akan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah saatnya tidur. Jadi, alangkah lebih baiknya kamu nyalakan lampu seterang mungkin saat bekerja.

Di malam hari, tubuh kita amat sensitif terhadap cahaya. Waktu menjelang tidur, tubuh akan meminta ruangan menjadi redup bahkan gelap. Itulah kondisi terbaik saat kita mulai tidur nyenyak. Akan tetapi jika pekerjaan penuh masih kamu lakukan di malam hari, alangkah baiknya atur pencahayaan ruangan.

Hindari Banyak Minum Kopi

Biasanya, minum kopi adalah ritual pagi hari yang wajib supaya tubuh dapat bekerja seharian penuh. Minum kopi dapat menambah stamina juga meningkatkan fokus. Secangkir kopi mengandung kafein yang membantu mengurangi rasa kantuk di tengah malam. Tips begadang yang aman adalah usahakan kamu tidak terlalu banyak minum kopi.

Minum kopi yang baik untuk begadang adalah tidak lebih dari dua cangkir. Alih-alih ingin bisa begadang penuh, justru terlalu banyak kopi bisa mengurangi konsentrasi. Minumlah secangkir kopi di pagi hari atau ditambah secangkir pada siangnya. Lebih dari dua cangkir kopi, beresiko kamu kehilangan fokus bekerja saat malam tiba.

Konsumsi Camilan Berprotein

Konsumsi camilan berprotein sebenarnya memberikan manfaat paling efektif sebelum tidur malam. Konsumsi protein sebelum tidur ternyata lebih mudah dicerna dan efektif diserap oleh tubuh. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat atau makanan berat karena bisa menyebabkan kantuk. Konsumsi camilan ringan seperti yogurt, buah dan kacang-kacangan.

Makanan berprotein adalah sumbernya penambah energi tubuh. Secara keseluruhan, protein sangat baik untuk membentuk otot, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan. Semakin baik metabolisme tubuh maka semakin baik fokus kamu ketika menyelesaikan banyak tugas di waktu malam. Konsumsi protein bisa jadi tips begadang yang mudah dilakukan.

Tubuh Harus Selalu Bergerak

Terlalu lama fokus didepan komputer atau banyak menulis bisa membuat otot tubuh jadi kaku. Jika kondisi ini terus kamu lakukan dalam jangka waktu lama, maka kesehatan tubuh akan terganggu. Misalnya bisa mengakibatkan kram otot, pusing, mata perih, kesemutan atau tulang sakit. Kelamaan duduk membuat aliran darah kamu bisa terhambat.

Kamu bisa melakukan aktivitas-aktivitas kecil dan sederhana misalnya mengambil air minum di dapur, rebahan dan mengangkat kaki ke atas, atau berjalan-jalan ringan di sekitar rumah. Kamu juga bisa melakukan gerakan pemanasan ringan seperti sit up dan push up minimal 5 menit, agar bisa menabung energi untuk dua jam berikutnya.

Atur Suhu Ruangan

Tips begadang berikutnya adalah mengatur suhu ruangan. Perubahan suhu ruangan bisa mempengaruhi suhu tubuh. Apalagi di malam hari yang cenderung mengalami perubahan suhu secara drastis. Angin malam tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan masalah serius. Jika kamu menggunakan AC aturlah suhu tidak lebih dari 24 derajat.

Mengatur suhu ruangan adalah faktor utama kenyamanan saat begadang. Jika menggunakan AC, kamu harus mengatur suhu ruangan antara 22 sampai 23 derajat celcius. Dan suhu paling pas yaitu antara 18 sampai 20 derajat celcius. Jika masih merasa kedinginan, kamu bisa naiknya suhu rata-rata normal tidak lebih dari 24 derajat celcius.

Kamu mungkin tak sadar jika pekerjaan yang dilakukan terlalu larut akan menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh. Misalnya mudah mengantuk di pagi hari, stress, mudah emosi dan tubuh jadi lelah sepanjang hari. Oleh sebab itu, pastikan kamu tahu apa saja tips begadang paling aman buat yang terbiasa melek tengah malam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.