Mengatasi Kulit Berminyak dengan Masker Alami Buatan Sendiri

0 65

Kulit berminyak masih menjadi permasalahan utama sebagian besar wanita. Mungkin kamu juga masih berkutat dengan problem yang satu ini ya, girls. Tak bisa dipungkiri bahwa kulit yang berminyak terutama di bagian wajah sangat mengganggu. Tak heran kalau para wanita berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya.

Kondisi wajah berminyak atau oily bisa terjadi akibat minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea terlalu banyak. Sebenarnya produksi minyak pada kulit sangat wajar. Sebab minyak yang dihasilkan dapat menjaga kelembaban kulit. Namun apabila produksi minyaknya berlebihan justru akan menimbulkan masalah.

Faktor Penyebab Minyak Berlebih pada Kulit

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit kamu jadi berminyak. Salah satunya yaitu faktor genetik. Kalau orang tua kamu memiliki kondisi ini, besar kemungkinan kamu juga akan mewarisinya. Cuaca juga mempengaruhi produksi sebum (minyak). Saat musim kemarau biasanya produksi sebum pada kelenjar sebasea meningkat. Sehingga resiko kulit berminyak semakin besar.

Usia juga memiliki pengaruh yang besar pada produksi minyak. Buat kamu yang memasuki usia remaja, jangan khawatir jika kamu merasa kulitmu sangat berminyak. Karena ini sangat normal terjadi saat memasuki usia remaja. Faktor lain seperti ukuran pori-pori, kesalahan pemilihan skincare, dan ketidakseimbangan hormon juga bisa jadi penyebab kondisi ini.

Masalah umum yang timbul akibat minyak berlebih adalah munculnya jerawat dan komedo. Selain itu, juga bisa bikin kulit kamu kelihatan kusam. Tapi kamu tak perlu cemas, ada banyak cara untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit. Salah satunya yaitu dengan mengaplikasikan masker alami. Nah, berikut ini masker alami yang bisa kamu buat sendiri.

Masker Yoghurt dan Pisang

Yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang sangat baik untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, yoghurt juga bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori. Jadi, produksi sebum akan menurun dan mengurangi resiko kulit berminyak. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan pisang yang terbukti bisa menghaluskan kulit.

Kamu bisa membuat masker yoghurt dan pisang dengan gampang. Ambil setengah potong pisang, satu sendok makan yoghurt, dan satu sendok teh bubuk kunyit. Campur semua bahan dan haluskan. Aplikasikan masker ke wajah kamu menggunakan kuas yang bersih. Tunggu selama 20 menit sampai kering dan kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Madu

Madu terbukti memiliki segudang manfaat terutama untuk kecantikan. Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, gunakan madu sebagai masker secara rutin. Kamu bisa menambahkan gula aren ke dalam masker dengan perbandingan 1:1. Masker madu dan gula aren dapat mengangkat sel kulit mati, membantu melembabkan kulit dan mengatasi kulit berminyak.

Cara pemakaian masker ini sangat simple. Oleskan masker ke wajah kamu secara merata. Diamkan kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk membilasnya. Lalu keringkan dengan kain halus. Untuk perawatan wajah berminyak, kamu bisa mengaplikasikan masker madu ini 1-2 kali seminggu.

Masker Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera banyak digunakan untuk produk kecantikan. Hal ini karena kandungan di dalamnya yang sangat bagus. Lidah buaya bisa mengobati peradangan kulit. Kandungan astringent alaminya sangat bagus untuk menyerap minyak berlebih pada kulit. Kamu bisa membuat masker lidah buaya untuk mengatasi kulit berminyak secara alami.

Cara membuatnya pisahkan gel lidah buaya dari kulitnya. Ambil kurang lebih 2 sendok makan lalu tambahkan satu sendok makan madu. Kemudian aduk hingga tercampur sempurna. Aplikasikan masker ke wajah secara merata lalu biarkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Masker Mentimun

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau mentimun sering digunakan sebagai masker alami. Kandungannya yang kaya manfaat sangat cocok untuk perawatan kulit berminyak. Mentimun adalah astringent alami yang sangat baik untuk menghambat produksi minyak berlebih pada kulit dan mampu mengecilkan pori-pori.

Untuk membuat masker mentimun, siapkan air mentimun dan air lemon, lalu campurkan. Oleskan masker mentimun ke seluruh bagian wajah. Lalu diamkan selama 20 menit. Gunakan air hangat untuk membilas. Lakukan perawatan ini seminggu sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kamu idamkan.

Perawatan Tambahan

Untuk terhindar dari kulit berminyak, kamu juga perlu merawat kulit sebaik-baiknya. Perawatan tambahan yang bisa kamu lakukan misalnya membersihkan wajah secara rutin terutama setelah make up. Selain itu, mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan rajin berolahraga juga bisa mencegah minyak berlebih pada kulitmu.

Di samping itu, istirahat yang cukup juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Usahakan agar waktu tidurmu tidak kurang dari 8 jam sehari. Sebaiknya kamu juga menghindari hal-hal yang bikin stress. Stress berkepanjangan juga bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit. Termasuk menyebabkan produksi minyak berlebih.

Mengatasi minyak berlebih pada kulit secara alami tidak bisa dilakukan dengan instan. Kamu harus sabar, konsisten, dan juga telaten dalam melakukan perawatan. Hasil yang akan kamu peroleh pun akan lebih maksimal. So, kamu akan memiliki kulit cerah dan terhindar dari permasalahan kulit berminyak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.