Khasiat dan Jenis Lulur Pemutih untuk Kecantikan Kulit

0 69

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang cantik yaitu dengan lulur pemutih. Tahu tidak, sih, lulur sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu untuk merawat kulit tubuh. Membersihkan kulit dengan sabun mandi saja dirasa masih kurang cukup. Karena manfaat yang diberikan sabun mandi tidak sama dengan manfaat lulur.

Perawatan kulit sebaiknya tidak hanya fokus sama kulit wajah aja. Kamu pasti menginginkan kulit cantik yang menyeluruh, bukan? Nah, sebaiknya lakukan perawatan kulit seluruh tubuh agar kecantikanmu semakin terpancar. Caranya yaitu dengan melakukan perawatan tubuh menggunakan lulur secara rutin dan teratur.

Terkadang seseorang merasa tidak punya waktu untuk melakukan perawatan khusus untuk kulit. Lulur pemutih bisa jadi alternatif pilihan yang tepat buat orang-orang yang sibuk dengan segudang kegiatan. Karena kegiatan luluran tidak menghabiskan banyak waktu. Asyiknya lagi, luluran bisa dilakukan di rumah sambil nonton tv atau sekedar mendengarkan musik.

Pengertian dari Lulur

Lulur juga sering disebut dengan body scrub. Lulur adalah jenis produk kosmetik tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan rempah-rempah. Tujuan utama penggunaan lulur pemutih yaitu untuk menjaga kebersihan dan kecantikan kulit. Ratu-ratu sejak zaman Yunani kuno sudah pakai lulur buat kecantikan tubuh, lho.

Cara pakai lulur sangat gampang. Kamu cukup mengoleskan lulur ke seluruh tubuh sampai merata. Lalu gosok kulit dengan lembut menggunakan tangan. Biar kulit kamu makin rileks, jangan lupa sambil memijat area kulit yang sedang kamu bersihkan. Pemakaian lulur juga bisa jadi tips relaksasi untuk tubuh biar lebih fresh.

Bentuk lulur sendiri ada yang berupa cairan maupun setengah padat. Lulur sendiri terbuat dari bahan desar tepung beras yang mengandung kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap elastis. Sedangkan bahan lainnya yaitu rempah atau buah seperti kunyit, kencur, stoberi, bengkoang, dan sebagainya.

Khasiat Melakukan Lulur

Campuran berbagai bahan yang tergabung dalam lulur pemutih bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dengan sempurna oleh sabun mandi. Selain itu, manfaat atau khasiat lulur masih banyak lagi, lho. Nah, berikut ini adalah sejumlah manfaat menggunakan lulur, agar kamu semakin semangat menjaga kecantikan kulit.

1. Meluruhkan sel kulit mati
Tumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihin akan jadi sumber masalah. Misalnya kulit akan kelihatan kusam, kering, dan bersisik. Lulur bisa membantu meluruhkan sel kulit mati yang tidak bisa diangkat oleh sabun mandi. Maka harus dilakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit yang sudah mati.

2. Menjadikan kulit semakin cerah
Kalau sel kulit mati terangkat semua, otomatis kulit kamu akan terlihat makin cerah. Inilah kelebihan lulur yang disukai banyak perempuan. Memakai lulur secara rutin bisa membuat kulitmu kian cerah dan bercahaya. Jenis lulur pemutih yang bagus untuk mencerahkan kulit antara lain lulur bengkoang, lulur kopi, dan lulur lemon.

3. Mencegah penuaan dini

Banyaknya polusi dan radikal bebas menyebabkan kulit cepat menua. Lulur yang banyak mengandung vitamin E dan kaya antioksidan bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, kulit kamu juga akan tetap lembab, halus, dan lembut. Jenis lulur yang baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit antara lain lulur alpukat, green tea, atau stroberi.

Jenis-jenis Lulur untuk Mencerahkan Kulit

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mendapatkan komposisi lulur yang bagus. Penggunaan bahan alami pada lulur tentunya akan memberikan manfaat yang baik untuk menutrisi kulit. Sebelum memilih lulur yang sesuai dengan jenis kulitmu, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis lulur beserta manfaatnya.

1. Lulur Bengkoang
Banyak produk kecantikan menggunakan bahan utama dari bengkoang. Ini disebabkan kandungan vitamin B dan C dalam bengkoang yang sangat bagus untuk mencerahkan kulit. Lulur pemutih bengkoang bisa kamu jadikan pilihan utama. Kandungan vitamin C pada bengkoang juga memicu regenerasi pada sel kulit.

2. Lulur Alpukat
Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan antioksidan tinggi. Nutrisi yang ada dalam alpukat sangat bagus untuk mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu, lulur alpukat juga membantu menjaga kulit kamu tetap kenyal. Karena kandungan vitamin C nya dapat membatu meningkatkan produksi kolagen.

3. Lulur Kopi
Selain untuk bahan minuman, kopi memiliki manfaat lain salah satunya untuk dijadikan lulur. Lulur kopi mampu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa mencerahkan kulit. Kandungan kafein dalam kopi juga terbukti bisa mengurangi selulit pada kulit. Selain itu, aroma kopi yang khas sangat bagus buat relaksasi tubuh.

Jadi, memakai lulur adalah salah satu usaha untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kamu perlu melakukannya dengan konsisten dan juga harus sabar. Karena kulit yang cantik tidak bisa diraih dengan instan. Meskipun harus telaten dan bersabar, kamu bisa menggunakan lulur pemutih terbaik untuk menjaga kulitmu tetap cerah dan bersinar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.