Istilah Fashion dan Jenis-jenis Fashion yang Wajib Kamu Miliki

0 171

Istilah fashion ada banyak dan beberapa sebenarnya sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, istilah-istilah tersebut belum tentu dimengerti banyak orang. Berbagai istilah datang dari beberapa negara dan ada istilah-istilah juga yang langsung mengadaptasi bahasa Indonesia.

Fashion merupakan kebutuhan dasar setiap orang karena memiliki fungsi utama sebagai penutup tubuh. Kiblat fashion biasanya hadir dari gay6a berpakaian para publik figur di muka umum. Kerap kali apa yang mereka kenakan, mulai dari atas kepala hingga bagian kaki ditiru oleh para penggemarnya.

Ingat jambul khatulistiwa ala Syahrini? atau bulu mata anti badainya? tren-tren atau istilah fashion seperti itu yang kemudian ramai ditiru masyarakat Indonesia. Tidak sedikit pengusaha pakaian kelas menengah yang menciptakan tren-tren fashion menyesuaikan dengan apa yang dipopulerkan oleh idolanya.

Contoh fashion lain yang dipopulerkan penyanyi asal Sunda tersebut adalah kaftan. Sampai saat ini bahkan banyak kaum perempuan dari segala usia memilih kaftan sebagai busana idul fitri maupun idul adha. Bahan yang gombrong membuat orang dengan ukuran badan besar tetap cocok menggunakan kaftan.

Istilah dalam Dunia Fashion

Dalam dunia fashion, terdapat berbagai istilah fashion yang biasa digunakan oleh desainer atau para model. Bahkan istilah-istilah tersebut juga banyak disebutkan oleh orang awam. Namun, mengertikah mereka yang menyebut berbagai istilah tersebut?

Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Tidak ada salahnya juga untuk mengetahui berbagai arti istilah dalam fashion di bawah ini jika kamu mulai tertarik dengan dunia fashion.

  1. Haute Couture
    Istilah ini hanya berlaku di Perancis dan hanya bisa dikerjakan oleh desainer asal Perancis. Arti dari istilah ini adalah high class, maksudnya pakaian yang dibuat bersumber dari bahan khusus, dengan desain tertentu, dan dibuat tangan atau hand made. Ada badan khusus yang dibentuk di Perancis untuk menyatakan desain haute couture.
  2. Edgy
    Edgy adalah istilah yang digunakan untuk menegaskan desain inovatif seorang desainer. Desain pakaian yang dibuat disebut edgy karena memiliki terobosan baru dan berbeda dari yang lain. Tidak ada batasan dalam mendesain karena aturan-aturan konvensional bisa bebas ditabrak.
  3. Monokrom
    Istilah fashion monokrom menggambarkan perpaduan antara warna hitam dan putih. Namun, belakangan ini makna monokrom bukan hanya menggambarkan dua warna, ada penambahan warna lainnya, yakni abu-abu. Untuk kamu yang tidak suka warna-warna cerah, bisa menggunakan warna ini saat berpakaian.

Perbedaan Retro dengan Vintage

Kamu pasti pernah mendengar istilah fashion vintage dan retro. Kedua istilah ini sama-sama berhubungan dengan fashion zaman dulu, namun memiliki perbedaan yang kental. Ada yang bilang dunia fashion itu seperti siklus lingkaran, apa yang tren di masa lalu akan kembali tren di masa sekarang.

Kita ulas dulu satu per satu. Untuk istilah vintage, artinya berbagai barang, seperti pakaian, aksesori, dan berbagai hal yang usianya sudah 20 tahun. Tapi, pada kenyataannya istilah vintage ini kerap digunakan untuk menyebut fashion yang tenar di tahun 70 hingga 80-an dan tenar lagi di masa sekarang.

Berbeda dengan istilah fashion retro yang kerap digaungkan oleh banyak orang. Retro memiliki makna retrospective, artinya produksi barang terbaru yang mengambil inspirasi dari barang lama. Usianya memang tidak setua vintage, masih di bawah 20 tahun. Namun, tidak luput dari makna zaman dulu juga.

Retro dan vintage merupakan dua istilah dalam fashion yang pengaplikasiannya kerap dilekatkan pada berbagai acara sebagai tema. Misalkan ada acara kampus, kamu bisa menerapkan tema retro atau vintage untuk meramaikan suasana. Tema ini juga bisa kamu aplikasikan saat pesta ulang tahun.

Jenis-jenis Fashion yang Wajib Kamu Miliki

Ketika membeli baju, kita kerap bingung style seperti apa yang cocok dan bagus jika dikenakan pada tubuh. Belum lagi pertimbangan-pertimbangan lain, seperti in atau tidaknya baju yang dibeli. Kamu juga tentu tidak mau salah kostum ketika menghadiri sebuah acara dengan berbagai tema.

Beberapa fashion wajib kamu miliki untuk persiapan menghadapi berbagai macam situasi. Ada istilah fashion white button down, artinya penggunaan kemeja berwarna putih dengan desain kancing rendah yang fleksibel dan cocok untuk dipadu padan dengan bawahan berupa rok maupun celana.

Fashion lain yang wajib kamu miliki adalah jaket bomber. Fashion praktis yang anti ribet dan fleksibel. Mulai dari style maskulin hingga bagi yang menyukai style feminin. Jaket bomber konon juga menjadi fashion yang sangat difavoritkan oleh selebritis dunia, Gigi Hadid.

Fashion berikutnya yang wajib kamu miliki adalah boyfriend jeans. Ini hanya istilah saja,. kamu tidak harus memi8liki pacar dulu untuk bisa berdandan dengan style seperti ini. Boyfriend jeans adalah style jeans kebesaran yang sangat cocok dipadukan dengan berbagai atasan pas di tubuh.

Banyak istilah dalam dunia fashion yang tidak hanya disebabkan oleh ahli, namun juga orang awam. Perkembangan fashion yang pesat membuat banyak istilah-istilah baru yang harus kamu ketahui. sebelum menyebutkannya, pastikan kamu mempelajari istilah fashion tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.