Gaya Hidup Minimalis Mendatangkan Keuntungan dalam Hidupmu, Harus Coba!

0 490

Akhir-akhir ini tren gaya hidup minimalis bisa menjadi solusi buat para milenial. Perilaku ini juga mendatangkan perasaan bahagia. Bicara soal bahagia, lebih dari 80% mereka yang bahagia hanya memiliki sedikit barang dibanding yang memiliki banyak barang. Karena faktor itulah, trend hidup minimalis wajib kamu ikuti.

Perilaku sederhana bisa membuatmu lebih bersahaja dan menjauhi kegiatan konsumtif yang tidak penting. Jauh lebih baik kamu menggunakan pendapatan untuk keperluan yang penting daripada harus hidup dengan kemewahan. Logikanya, demi menunjang gaya hidup mewah kamu harus rela mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.

Hidup secara sederhana dan minimalis dapat mengajarkanmu memprioritaskan kebutuhan apa yang paling penting dalam hidupmu. Kamu juga akan lebih fokus dengan kebutuhan dan benar-benar menjalankan hidup dengan maksimal. Kamu tidak perlu lagi berfikir bagaimana caranya membeli pakaian baru, perhiasan atau barang-barang yang kamu sendiri sudah memilikinya.

Gaya hidup minimalis juga bermanfaat buat kamu supaya terhindar dari jeratan hutang. Jika terlanjut memiliki hutan, menerapkan gaya hidup sederhana setidaknya dapat membuatmu fokus menyelesaikan hutang terlebih dahulu. Jika semua cicilan telah lunas, kamu berhak menjadi pribadi bebas tanpa beban.

Keuntungan Menjalankan Hidup Minimalis

Menjalankan hidup secara minimalis tidak susah untuk dijalani. Sangat mudah dan simple tanpa kamu harus merasa kesusahan. Jika kamu berada di masa peralihan, kemungkinan menerapkan gaya hidup ini cukup membuatmu berat. Terlebih selama ini kamu sudah terbiasa dengan gaya hidup mewah. Tapi tak ada yang tak mungkin, semua bisa dilakukan.

1. Keuntungan hidup minimalis adalah ramah Kantong
Kamu memiliki banyak kesempatan selama mau hidup dengan sederhana. Salah satunya adalah membuatmu tidak kehabisan pemasukan. Gaya hidup minimalis mengajarkanmu memilih kebutuhan yang diprioritaskan. Kamu jauh lebih fokus dalam membeli kebutuhan pokok. Sehingga kamu hanya akan belanja kebutuhan penting, mengutamakan cicilan, dan banyak menabung.

2. Ramah Jiwa karena hatimu akan lebih bahagia
Perilaku minimalis banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki kebahagiaan hidup. Mereka yang fokus pada hidup sederhananya jauh lebih bahagia dan bebas dari gangguan stress. Dengan sedikit harta benda tak ada lagi dilema yang dirasakan. Kamu tidak akan bergantung pada pada barang-barang tersebut.

3. Ramah terhadap lingkungan
Gaya hidup minimalis bisa dibilang ramah terhadap lingkungan. Bayangkan saja jika setiap ruangan dalam rumahmu dipenuhi oleh barang-barang serba elektronik. Belum lagi kamu bingung bagimana menyimpan peralatan yang sudah tidak dipakai lagi. Menimbun banyak barang elektronik tidak baik bagi kesehatan. Jika tidak perlu kamu bisa buang.

4. Hidup jauh lebih percaya diri
Hidup sederhana akan mendorong kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri dan percaya diri. Hidupmu akan lebih berwarna, cerah dan pastinya penuh arti positif. Semua kebahagiaan hidup tidak dapat diraih jika kamu tidak melatih rasa percaya diri. Kebahagiaan menjanjikanmu hidup keberanian melawan kegagalan bersifat duniawi.

Langkah Memulai Hidup Minimalis

Menjalankan gaya hidup minimalis berdampak besar pada hidup dengan membawa aura positif pada kehidupanmu. Kamu akan lebih bijak dalam menentukan pilihan serta mudah memecahkan masalah. Seperti Mark Zuckerberg, meskipun seorang public figure kaya raya, tetapi dia lebih hidup dengan kesederhanaan. Langkah hidup minimalis ala Mark mungkin bisa kamu ikuti, seperti:

1. Dimulai dari mindset
Sebelum memulai hidup minimalis, kamu harus mengatur pola pikir. Semua yang akan dilakukan pasti dimulainya dari niat. Bentuklah mindset kamu bahwa tujuan utama dalam hidupmu adalah menjadi pribadi yang sederhana. Minimalis bukan soal memiliki sedikit barang, tetapi memperbaiki kualitas hidup dengan tidak membeli barang yang sama.

2. Pilih barang di lemari
Kamu bisa memilah barang-barang yang tersimpan di lemarimu. Lihatlah berapa banyak barang yang sudah kamu kumpulkan mulai dari pakaian, perhiasan, make up atau perlengkapan kerja. Kumpulkan barang yang sering dipakai, jangan buat seisi lemari penuh dengan barang, maka simpan jika barang tidak lagi digunakan.

3. Sumbangkan barang atau dibuang saja
Setelah kamu mengumpulkan semua barang yang tidak terpakai, selanjutnya bisa disumbangkan atau dibuang saja. Memiliki kelebihan barang tentu membuat kamu bingung mana yang harus dipakai. Jika tidak sumbangkan saja. Jika sudah rusak bisa kamu buang. Dan jika masih bisa dipakai bisa kamu daur ulang.

4. Buat daftar prioritas barang
Gaya hidup minimalis berikutnya adalah membuat daftar barang utama yang kamu prioritaskan. Kamu harus benar-benar menganalisa barang mana yang memiliki manfaat lebih dalam menunjang kebutuhanmu sehari-hari. Dengan begitu kamu lebih bijak lagi dalam berbelanja dan menghindari membeli barang tidak dibutuhkan.

5. Pilihlah makanan sehat

Sama seperti barang multifungsi, makanan juga bisa membuat kita mencegah pemborosan. Perilaku memilih makanan yang baik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup. Asupan makanan jadi lebih baik, bernutrisi dan mencegah datangnya penyakit. Makanan berkualitas dapat mencegah perilaku konsumtif terhadap makanan cepat saji, sehingga kamu bisa memasak sendiri makanan di rumah.

Sejatinya hidup sederhana itu sangat kita butuhkan dalam kehidupan yang serba susah seperti sekarang ini. Tidak terpengaruh oleh orang lain bisa membuat kualitas hidup kita jauh lebih berarti, simple dan pastinya bahagia selamanya. Memulai gaya hidup minimalis bisa dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.