Corona Bukan Penghalang, Introvert Tetap Produktif dari Rumah

0 125

Bekerja dari rumah buat seorang introvert bukanlah penghalang. Karakter pendiamnya dan tidak banyak aksi menjadikan pekerjaan di rumah adalah hobi yang membuatnya jadi makin betah. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah karena jutaan orang diseluruh dunia juga tengah membatasi diri dari aktivitas sosialnya.

Semua terjadi karena adanya wabah Corona atau COVID-19. Bahkan pemerintah Indonesia sendiri memberlakukan work to home atau bekerja di rumah. Bukan hanya itu saja, pelajar diharuskan belajar dari rumah, dan hampir seluruh orang menghabiskan waktunya sehari-hari didalam rumah. Mengisolasi diri sementara dari hiruk pikuk keramaian di luar sana.

Menghabiskan waktu hanya berdiam saja di dalam rumah bagi pribadi ekstrovert akan sangat menyakitkan. Terisolasi tanpa bersosialisasi bagi mereka mungkin akan membuatnya bingung harus melakukan apa. Tetapi bagi seorang introvert bekerja dari rumah bukanlah masalah. Mereka jauh lebih bahagia jika melakukan sesuatu dengan sendirian.

Dua kepribadian yang berbeda itu dimiliki oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Jika kamu tergolong pribadi yang senang melakukan banyak hal seorang diri, maka pekerjaan-pekerjaan berikut ini bisa kamu lakukan. Dengan memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah, berikut metode kerja yang bisa diterapkan dari rumah.

Gunakan Waktu untuk Menghemat Pekerjaan

Bekerja dari rumah tidak akan menguras banyak waktu kamu ketika harus menyelesaikan PR kantor. Selama beberapa hari terisolasi di rumah sendiri, kamu masih bisa mengerjakan beberapa tugas kantor tanpa kehilangan produktifitasmu. Selain itu, bekerja dari rumah juga akan menghemat banyak waktu.

Saat kamu berangkat kerja tentunya harus menyiapkan waktu perjalanan menuju kantor. Belum lagi jika kondisi jalan tengah ramai dan padat. Pagi-pagi sekali kamu sudah harus bersiap berangkat kerja. Sementara kamu yang introvert tidak perlu perjalanan jauh untuk bekerja. Manfaatkan banyak waktumu untuk mengisi energi agar pekerjaan selesai dengan tepat waktu.

Bekerja dari Rumah Membuat Ide Mengalir Deras

Seseorang dengan pribadi pendiam justru akan semakin kreatif, jika pekerjaan yang dilakukannya berada di situasi tenang dan damai. Di tengah-tengah kesendirian mengisolasi diri di rumah, kamu bisa menghasilkan banyak ide. Tidak kehilangan akal, perintah bekerja dari rumah membuat pikiran kamu jadi lebih jernih dalam berfikir.

Saat di kantor, kemungkinan kamu akan gagal mendapatkan ide karena situasi ramai. Kita lebih banyak menghabiskan waktu bertemu dengan sesama rekan kerja. Akhirnya kita lebih banyak ngobrol daripada segera menyelesaikan tugas kantor. Kendala lain yang dialami introvert saat di jam ngantor adalah terlalu banyak membang waktu karena terlalu lama berfikir.

Energi Tidak Terbuang Banyak

Selama ngantor, kamu akan menjumpai teman, atasan, atau klien. Tentu hal ini membuat kamu lebih aktif dalam bergaul dan berkomunikasi. Berinteraksi langsung dengan mereka tidak bisa kamu hindari. Kadang kala obrolan kecil seputar pekerjaan beralih ke pembicaraan tidak penting seperti ngegossip, basa-basi tak penting atau membicara kekurangan rekan kerja.

Selama kamu bisa bekerja dari rumah, kamu tidak akan menjumpai obrolan-obrolan yang tidak penting. Membicarakan hal yang negatif juga akan menghilangkan kemampuan introvert untuk lebih produktif. Sebagai gantinya, kamu bisa menanyakan kondisi teman dan pekerjaan lewat pesan singkat. Jadi tak perlu susah payah membuang energi dengan hal-hal tak bermanfaat.

Mengisi Jam Istirahat Lebih Lama

Rata-rata orang bekerja di kantor selama 8 jam sehari. 7 jam waktu bekerja dan 1 jam untuk istirahat. Pekerjaan umumnya dilakukan pagi hingga sore hari. Namun bagi pekerja malam biasanya dimulai pada sore hari. Mengingat jumlah jam istirahat sangat sedikit, memungkinkan kamu bisa mendapat waktu lebih saat bekerja dari rumah.

Selama bekerja dari rumah, kamu tidak perlu merasa kehabisan energi. Semakin banyak aktivitas, semakin besar pula energi yang kamu gunakan. Kamu hanya butuh jam istirahat yang cukup agar energinya dapat terisi dengan optimal. Kamu juga akan merasa lebih santai, tidak perlu tergesa-gesa dan jauh dari keramaian yang menguras banyak energi.

Salurkan Hobi saat Minim Tugas Kantor

Pada dasarnya, introvert itu penuh ide dan tidak akan kehilangan banyak kreatifitas selama bekerja dari rumah. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan yang masuk dalam daftar hobimu. Misalnya jika kamu senang membuat tulisan, kamu bisa coba menambah pemasukan dengan menjadi penulis freelance. Atau kamu bisa mengelola bisnis kecil-kecilan lewat media sosial.

Hobi lain yang bisa kamu manfaatkan misalnya merajut, membaca buku, berkebun atau memasak. Kamu bisa menantang diri dengan tampil tanpa banyak bersosialisasi. Selama tidak ada tugas kantor, kamu bisa bersosialisasi dengan keluarga kecil. Itulah sifat alamiah kamu yang tidak perlu banyak berurusan dengan orang dan cenderung fokus saat sendirian.

Ada tidaknya wabah Corona atau COVID-19, sedikit banyak memberikan kamu pelajaran hidup untuk terus berkreasi dan produktif meskipun hanya bekerja dari rumah. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Dari kejadian ini sebenarnya tidak banyak merubah sifat asli dari pribadi introvert dan mampu mendorong dirimu untuk bisa bekerja dimana saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.