Cara Berhemat Uang di Tengah Budaya Cashless Society

0 376

Menabung adalah salah satu cara berhemat yang bagus untuk mengamankan asset di masa mendatang. Menabung adalah kegiatan yang sejak lama diajarkan oleh orangtua kita. Seperti kata pepatah, menabung itu pangkal kaya. Orang menabung biasanya digunakan untuk tujuan. Salah satu alasan orang ingin menabung adalah untuk berbelanja.

Berbelanja bisa dilakukan dimana saja. Di mall, di supermarket, atau lewat marketplace. Dengan kemudahan yang semakin canggih, banyak dari kita lebih memilih berbelanja lewat online. Mungkin kamu salah satu orang yang rajin berbelanja via marketplace. Kemudahan belanja dengan cara ini adalah kamu tidak perlu repot membawa uang tunai.

Budaya membayar dengan non tunai terbilang baru tetapi perkembangannya sangat cepat. Gerakan membayar non tunai alias cashless merupakan budaya masyarakat modern masa kini. Ada banyak kemudahan yang bisa kamu rasakan saat bertransaksi dengan cara ini. Cukup dengan menggunakan smartphone, mau berbelanja, transfer atau menabung bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Dulu mungkin kamu hanya mengenal kartu kredit atau debit, tetapi cashless adalah cara mudah transaksi cukup melalui aplikasi atau dompet digital. Meskipun kelebihan cashless itu banyak, tak sedikit orang yang terjebak dengan kemudahannya. Cashless bisa mengakibatkan pengeluaran jadi tidak terkontrol. Maraknya transaksi non tunai, mengharuskan kamu untuk tahu cara berhemat.

Buat Rencana Keuangan

Cashless yang sedang trend adalah fenomena baru di tengah generasi milenial. Orang-orang sudah tidak lagi menggunakan uang tunai ketika bertransaksi. Gantinya, mereka gunakan uang non tunai melalui aplikasi tertentu. Inovasi ini sebenarnya efektif di era serba praktis saat ini. Sangking praktisnya, kita tidak sadar bahwa hal ini juga penyebab pemborosan.

Nah, supaya kamu tidak terkena imbas pemborosan terlebih yang hobi belanja online maka solusinya dengan membuat rencana keuangan. Cara berhemat ini akan membantumu mengatur rencana kebutuhan mana yang lebih diutamakan. Atur rencena keuangan kamu supaya lebih mudah mengontrol pemasukan dan pengeluaran. Sisanya bisa kamu gunakan untuk tabungan.

Hindari Pinjaman Online

Pinjaman online memang menguntungkan buat kamu yang ingin membeli sesuatu tetapi minim budget. Sayangnya, apapun bentuknya yang namanya pinjaman tentu harus segera dilunasi. Selain itu, pinjaman juga mengharuskan kamu membayar biaya admin, sehingga jika ditotal biaya pelunasan akan semakin membengkak.

Jika terpaksa memiliki pinjaman online, maka segeralah melunasi. Jangan menunda waktu pelunasan sebab justru akan merugikanmu. Setiap pinjaman yang tertunggak maka kamu harus membayar hutang plus dengan biaya tunggakan. Jadi jika tagihan hutang kamu sudah lunas, sebaiknya tahan diri untuk mengajukan pinjaman online. Inilah salah satu cara berhemat yang baik.

Buat Beberapa Kartu atau Dompet Digital

Manfaat menggunakan dompet digital adalah kemudahan dalam segala aspek bertransaksi. Bukan hanya itu, kartu atau dompet digital sering mengadakan promo-promo untuk menarik minat membeli sesuatu. Kondisi ini dapat pula membuat kamu jadi tertarik sehingga melakukan pemborosan dan menghabiskan banyak uang.

Solusi ini adalah dengan membuat beberapa kartu atau dompet digital. Kamu bisa mengalokasikan gaji dengan memisahkan lewat penyimpanan di dompet digital. Buatlah 2 atau 3 kartu rekening terpisah. Lalu bagilah hasil gajimu kedalam rekening berbeda sebanyak 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk tabungan dan sisanya untuk liburan.

Simpan Sisa Dana di Rekening

Usahakan untuk memanfaatkan rekening virtual atau dompet digitalmu hanya untuk mengutamakan kebutuhan sekunder. Meskipun sering memberikan banyak promo kamu tetap harus sadar diri jika kebutuhan pokok adalah yang paling utama. Biar tidak cepat habis, cara berhemat yaitu gunakan lebih dulu uangmu untuk membeli kebutuhan pokok. Sisanya dapat kembali ditabung.

Meskipun sudah menyimpan beberapa uang untuk tabungan dan investasi, usahakan jika ada sisa uang tetaplah ditabung. Gunakan sisa dana untuk kebutuhan mendesak seperti membayar biaya kesehatan atau biaya lain yang tiba-tiba kamu butuhkan. Ingat kembali untuk tidak melakukan pemborosan. Karena dengan mengelola keuangan dengan baik kamu jauh dari krisis.

Mulailah untuk Berinvestasi

Cara berhemat yang baik selanjutnya adalah dengan memulai investasi. Investasi itu sangat baik untuk menjaga kondisi keuanganmu tetap sehat. Investasi menjaga uangmu tidak terbuang sia-sia. Tidak butuh uang besar untuk berinvestasi, kamu bisa melakukan dengan menabung secara rutin. Jika tidak punya asset investasi menabunglah mulai dengan menyisakan Rp.10.000 saja.

Semua tidak sesulit yang dibayangkan. Pastikan kamu selalu rajin dan disiplin agar dana investasimu semakin berkembang. Jika bingung bagaimana memulai investasi, kamu bisa meminta bantuan teman atau orang lain. Ada banyak jenis investasi bisa kamu coba dari yang ringan dan pemula.

Kemudahan melakukan transaksi dengan cara cashless sebenarnya tidak selalu membuat kamu boros. Meski memberi banyak kemudahan, kamu tetap bisa mengontrol pendapatan dan pengeluaran dengan cara bijak. Hal yang paling penting adalah cara berhemat dengan mengutamakan lebih dulu kebutuhan pokok, menabung lalu berinvestasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.